Laman

Rabu, 06 Agustus 2014

POSYANDU ANGGREK 1 DESA SIDAYU PEMENANG III LOMBA POSYANDU TK. PROV.JAWA TENGAH TH 2013

 Bangga menjadi juara

Dengan Semangat Juang dan penuh jiwa sukarela segenap Pengurus Desa dan kader kesehatan beserta warga desa Sidayu, Kecamatan Bandar,Kab Batang bahu-membahu membangun Desa melalui pembangunan dalam bidang kesehatan. Posyandu adalah salah satu pilar dalam pembangunan bidang kesehatan dimana Posyandu merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan tingkat dasar dalam upaya Promotif, preventif tanpa mengabaikan Upaya kuratif dan rehabilitatif.


1.Integrasi Posyandu dengan PAUD dan BKB(posyandu Model) adalah Program utama Posyandu anggrek dimana kegiatan posyandu tidak hanya mencakup program pokok dan tambahan namun juga meliputi pembinaan kesehatan bagi anak usia dini dan pendidikan kesehatan bagi orang tua balita.
2.Bank Sampah, Sampah non organik berupa plastik kemasan makan dikumpulkan oleh warga kemudian warga dilatih untuk membuat ketrampilan tangan berbahan sampah bekas  tersebut, hasil dari penjualan kerajinan sebagian diberikan kepada warga yang menyetor bahan baku(sampah bekas kemasan plastik) dan sebagian  digunakan untuk pembelian makanan tambahan untuk balita pada kegiatan posyandu
3.Bank sayur, Pemanfatan lingkungan sekitar rumah untuk lahan penanaman tanaman sayur dan obat , sebagian kecil dari tanaman disumbangkan kepada Posyandu sebagai makanan tambahan atau dijual untuk pemasukan kas Posyandu.


4.Merpati Sakti,  Program andalan dalam rangka penanggulangan kematian Ibu dan bayi, program ini memberikan signal kepada keluarga dan masyarakat sekitar dengan tanda burung merpati berwarna dimana warna tersebut menunjukkan tingkat resiko kehamilan, Program ini mengandung maksud agar keluarga dan warga siaga untuk ikut mengawasi dan melakukan pertolongan dan rujukan pada ibu hamil dengan tingkat resiko tinggi agar kematian Ibu dan bayi bisa diminimalisir, kemudian Pemerintah desa membuat Perdes tentang Setiap kelahiran bayi, orang tua bayi harus menanam satu Pohon untuk kelestarian lingkungan





5.Ambulan Desa, Adalah Mobil yang secara khusus diperuntukan untuk traposrtasi rujukan bagi warga yang membutuhkan pertolongan kesehatan baik Puskesmas atau Rumah sakit, sehingga pertolongan pada kedaruratan bisa berjalan secara optimal.




6.Dana Sehat, Pemerintah desa mengeluarkan Peraturan desa dan surat keputusan kepala desa yang mengatur tentang penghimpunan dan dan pemanfaatannya yang scara khusus diperuntukan untuk pengelolaan Desa siaga Kesehatan. Dimana dana dihimpun melalui iuran warga pada acara selapanan tipa Rt dan dan diperuntukan untuk pembelian PMT bagi posyandu, Dana BBM rujukan pasien, dan bantuan perawatan pasien Di puskesmas dan Rumah sakit.

Inilah wajah posyandu model Anggrek i Desa Sidayi,Kecamatan Bandar,Kab.Batang yang menjadi kebanggaan masyarakat Desa sidayi dan juga seluruh warga Kabupaten Batang.

Saran dan kritik: 085869755523 atau email andre85@gmail.com, Tim pembina UKBM Posyandu Dinkes Batang





Tidak ada komentar:

Posting Komentar